5 Keunikan Kampung Pasir Ipis di Lembang Bandung

Kampung Pasir Ipis terletak di Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Kampung tersebut memiliki spot istimewa yang akan memanjakan mata Anda. Panorama yang indah, rindang, dan sejuk, mungkin tiga hal inilah yang akan kalian dapatkan ketika datang ke sana.

Panorama alam di Wana Wisata Pasir Ipis, Lembang Bandung. (foto: IG @mplue)

Kali ini Bellva Adventure Indonesia sebagai EO Outbound Lembang Bandung akan memaparkan tentang 5 keunikan Kampung tersebut. Apa saja? Check this out!

baca juga: Ayo Melancong Agrowisata ke Kebun Teh Sukawana Lembang Bandung

1. Punya Wana Wisata
Di Kampung tersebut, terdapat destinasi Wana Wisata. Semula kawasan di sana adalah Camping Ground seperti Rancaupas di Rancabali, Kabupaten Bandung. Namun, pengunjung yang datang terbilang sepi sehingga oleh Karang Taruna setempat, “disulap” menjadi destinasi wisata dengan konsep yang baru. Karang Taruna yang membangunnya adalah mereka yang tergabung dalam Perhimpunan Pemuda Lembang.

Wana Wisata Pasir Ipis di Lembang Bandung. (foto: IG @gilangfebriana9)

2. Diabadikan dalam Lagu Bimbo
Kampung Pasir Ipis terletak di Desa Jayagiri. Desa ini boleh dikatakan termasuk kawasan yang difavoritkan banyak pecinta alam. Keindahan Jayagiri yang eksotis ini ternyata memang sudah diketahui sejak bertahun-tahun silam. Sebab, ada sebuah lagu yang mengabadikan keindahan alam Jayagiri Lembang. Lagu tersebut dipopulerkan oleh grup musik sekelas Bimbo, dan judulnya yaitu Malati Dari Jayagiri.

Dan kalau kita mendengar Pasir Ipis, mungkin agak terkesan unik ya. Namun, nama itu memiliki arti khusus. Pasir berarti “bukit”, dan ipis itu berarti “tipis”. Maka dapat diartikan “Bukit Tipis”.

Wana Wisata Pasir Ipis di Lembang Bandung. (foto: IG @dessyinvita)

3. Pohon Pinus yang Rindang dan Menjulang
Ada keindahan alam berupa Hutan Pinus yang begitu rindang. Kalau berada di sana, beuh, berasa teduh gimana gitu. Sejuk. Mata kita terus memandang pepohonan yang menjulang tinggi dan hamparan panorama alam yang hijau. Hutan Pinus inilah yang kemudian dijadikan sebagai Wana Wisata.

4. Cocok untuk Camping
Kawasan Hutan Pinus di sana mungkin tak setinggi gunung-gunung di luar sana. Tapi, untuk menikmati keindahan itu, setidaknya Anda perlu melakukan perjalanan yang cukup panjang, melewati kawasan Hutan Pinus yang naik-turun. Dan tentunya, ini cocok bagi pecinta alam yang hobi naik gunung dan camping. Anda bisa camping di sana.

Wana Wisata Pasir Ipis di Lembang Bandung. (foto: IG @rizalrahmatulloh)

5. Ada Benteng Bersejarah
Waw, ada benteng bersejarah yang konon merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda. Lokasi benteng itu ada di Kampung RT 5 RW 6. Ada pula yang menyebut, bahwa benteng tersebut serupa dengan Benteng yang berada di Pasir Malang Maribaya, dan Benteng di Gunung Putri Lembang. []

Wana Wisata Pasir Ipis di Lembang Bandung. (foto: IG @mplue)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here