Ayo Melancong Agrowisata ke Kebun Teh Sukawana Lembang Bandung

Agrowisata Perkebunan Teh Sukawana di Lembang Bandung memang sedang menjadi tren dalam dunia pariwisata di Indonesia saat ini. Konsep wisata ini banyak diminati berbagai kalangan pelancong karena tak hanya menyuguhkan pemandangan indah semata, tapi juga memberi edukasi sekaligus tempat untuk melakukan kegiatan seperti Outbound, Outing, atau Gathering di Lembang, Bandung Barat.

baca juga: Ini Cara Supaya Gathering Kamu di Lembang Bandung Jadi Lebih Fun

Nah, Lembang Bandung punya suguhan lengkap soal agrowisata ini. Di manakah lokasinya? Ya, pilihan agrowisata di Lembang Bandung cukup banyak, salah satu yang paling menarik perhatian pelancong adalah Perkebunan Teh Sukawana Lembang. Ada apa saja di sana?

Sebelum sampai situ, kalian perlu mengetahui, bahwa perkebunan ini juga biasa disebut “Pangheotan” karena konon katanya bermula dari Van Houten, sosok yang mempunyai kebun tersebut pada zaman Belanda.

Nah di Perkebunan Teh Sukawana Lembang Bandung, kalian bisa menikmati view hijau yang sejauh mata memandang hanyalah kebun teh. Pemandangannya begitu asri dan udaranya amat segar segaaaar…

baca juga: 3 Paket Outbound dan Wisata di Grafika Cikole Lembang Bandung

baca juga: Tempat Camping Terasik di Lembang Bandung, dengan Suasana Sunyi Sejuk dan Dingiiiin

Sukawana merupakan nama daerah yang jaraknya kira-kira 30 kilometer di sebelah utara Kota Bandung. Perkebunan teh ini terbilang produktif, dan berada di bawah pengelola PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII.

Di Sukawana yang berada di Lembang Bandung ini, kalian bisa melakukan beragam kegiatan outdoor. Misalnya outbound dan camping. Dan kami, Bellva Adventure Indonesia, sebagai EO di Lembang Bandung, sangat siap memandu kalian menikmati perkebunan teh Sukawana dengan beragam kegiatan outdoor.

Di sekitar perkebunan teh Sukawana, ternyata ada pabrik pengolahan teh lho, yang hasilnya sebagian besar untuk kebutuhan ekspor. Waah, ternyata kita patut berbangga yah dengan adanya perkebunan teh Sukawana karena membawa nama baik teh Indonesia di kancah internasional.

Jika kalian berada di perkebunan ini maka akan terlihat pula kokohnya Gunung Burangrang dan Gunung Tangkubanperahu.

Bagaimaan cara kalian menempuh perjalanan ke Perkebunan Teh Sukawana?
Pertama, kalian harus tahu bahwa lokasi kebun tersebut ada di Karyawangi, Parongpong. Lokasinya tergolong dekat dari Kota Bandung. Kalian bisa menempuh ke sana bisa dari arah Cimahi melalui Jalan Raya Cihanjuang lalu mentok di Universitas Advent Indonesia, kemudian belok ke kanan melintasi Terminal Parongpong (banyak angkot warna ungu). Dan, kalau pakai rute ini, jalan menuju Sukawana berada di sebelah kiri jalan.

Bila kalian dari arah Padalarang, kalian juga ke Sukawana melalui daerah Cisarua Bandung Barat, melewati kantor pemerintahan Kabupaten Bandung Barat, lurus terus ke atas, sampai melewati Universitas Advent Indonesia.

Kampus ini sebetulnya jadi titik temu untuk kalian yang menggunakan rute dari arah Cimahi Cihanjuang. Jadi, kalian cukup melewati Terminal Parongpong, dan bisa bertanya pada warga setempat di mana jalur menuju Sukawana. Ingat, kalau pakai rute ini, maka jalan menuju Sukawana berada di kiri jalan.

Nah, jika kalian dari arah Jalan Raya Lembang, atau dari arah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), maka kalian menempuh perjalanan terus ke atas, lalu melewati jalan raya Kolonel Masturi. Kalau melewati rute ini, maka jalan menuju Sukawana berada di kanan jalan, sebelum Terminal Parongpong.

Berapa tiket masuknya?

Harga tiket masuk ke perkebunan teh Sukawana ini terbilang murah, yakni hanya Rp 10 ribu per orang. Kalau pakai motor, hanya Rp 5.000. Nah kalau ingin camping, maka bayarnya senilai Rp 10 ribu. Ongkos camping ini sudah bikin kalian menggelar tenda untuk satu malam.

Bellva Adventure Indonesia:
Phone/WA
0822 1881 9523
0878 7755 8539

Email:
info.bellva@yahoo.com
bellvaadventureindonesia@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here