10 Objek Wisata Bandung yang Buka dengan Protokol Covid-19

situ patenggang
Situ Patenggang. (Foto via @fadli_zaka)

Di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini membuat pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tak terkecuali di Bandung. Kalian, tentunya sudah gatel ya ingin kembali berwisata ke tempat-tempat objek wisata yang ada di Bandung dan sekitarnya.

Lantas, apakah sekarang ini sudah ada objek wisata di Bandung yang buka? Hmm.. Kalau sudah, objek wisata Bandung mana saja ya yang sudah dibuka? Simak ulasan berikut ini..

Beberapa objek wisata di Bandung Raya sudah mulai dibuka untuk mendorong perekonomian daerah setempat, tentunya dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat. Jadi kalian patut merasa senang untuk saat ini karena sudah bisa kembali menikmati kesejukan udara segar Bandung dan memanjakan mata dengan pemandangan yang indah.

1. Orchid Forest Cikole

Ada lebih dari 157 jenis bunga anggrek yang dibudidayakan dalam lahan seluas 12 hektar ini. Bibit anggrek berasal dari berbagai negara, seperti Venezuela, Amerika Serikat, hingga Peru lho sobat tiket.

Selain dapat menikmati keindahan beragam bunga anggrek, wisatawan yang berkunjung dapat menikmati indahnya pemandangan pohon pinus yang asri. Selain itu di sini juga terdapat banyak spot yang estetik yang pastinya instagramable, serta fasilitas dan sub destinasi yang beragam.

Harga tiket masuk: mulai dari Rp25.000-Rp35.000an/orang*. Dan untuk lokasinya berada di daerah Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391 (buka di Google Maps. Tempat ini buka pada pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. Dan sudah kembali beroperasi sejak 7 Juli 2020.

2. The Great Asia Africa Lembang

The Great Asia Africa Lembang adalah destinasi wisata yang menggabungkan budaya dan ciri khas 7 negara di Asia dan Afrika. Kawasan wisata yang satu ini akan membuat kamu merasa sedang berada di luar negeri tanpa perlu beranjak dari Indonesia.

Ketujuh kompleks ini dibuat semirip mungkin dengan keadaan dari setiap negeri aslinya. Sehingga pengunjung yang datang ke The Great Asia Africa Lembang bisa merasakan perbedaan saat memasuki setiap kompleks miniatur negara-negara tersebut.

Tempat wisata seperti ini sangat pas sekali sebagai tempat rekreasi untuk keluarga. Berbagai aktivitas bisa sobat tiket temukan di sini, mulai dari spot berfoto yang instagramable, wisata kuliner, belanja, sejarah, hingga edukasi.

Harga tiket masuk: mulai dari Rp50.000an/orang*. Letaknya ada di Jl. Raya Lembang – Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391 (buka di Google Maps). Bukanya pada pukul 07.00 hingga 20.00 WIB, dan sudah kembali beroperasi sejak 13 Juni 2020.

3. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung merupakan tempat wisata paling asyik dan menarik untuk dikunjungi. Lokasinya sangat strategis sehingga membuat kebun binatang ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri.

Di sini kalian bisa menemukan sekitar 213 jenis satwa yang terdiri dari 79 jenis satwa yang dilindungi dan 134 jenis satwa yang tidak dilindungi. Kebun binatang ini juga menyediakan fasilitas permainan sangat mengasyikan seperti taman bermain untuk anak-anak, food court, flying fox, dan banyak lagi lainnya.

Harga tiket masuk: mulai dari Rp40.000an/orang. Lokasinya di Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132(buka di Google Maps). Buka pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Kembali beroperasi sejak 27 Juni 2020.

4. Saung Angklung Udjo

Tempat ini unik dan menghibur serta mendidik, sehingga datanglah ke Saung Angklung Udjo adalah pilihan yang tepat. Saung Angklung Udjo adalah pusat pelestarian dan pertunjukan kebudayaan tradisional yang ada di Bandung.

Anda bisa mempelajari bermain angklung secara langsung dari iringan sang pemandu. Saung Angklung Udjo juga menarik perhatian dunia internasional sehingga banyak wisatawan asing yang datang berkunjung untuk menikmati suara angklung yang indah dan menenangkan hati. Seru banget ya sobat tiket?

Harga tiket masuk: mulai dari Rp60.000an/orang*

Lokasi: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40192 (buka di Google Maps)

Jam buka: pukul 08.00 hingga 17.00 WIB

Kembali beroperasi sejak: 15 Juni 2020

5. Farm House Lembang

Di daerah Lembang terdapat sebuah tempat wisata bernuansa Eropa yaitu Farm House Lembang yang bisa kalian jadikan sebagai destinasi berlibur. Selain bangunan bercita rasa Eropa yang ditawarkan disini, terdapat pula sebuah spot foto berupa rumah The Hobbit.

Jika kamu belum puas merasakan suasana Eropa, di sini terdapat pula sewa baju tradisional ala Eropa. Tak ketinggalan, baju ala Eropa ini juga dilengkapi dengan aksesoris topi dari kain yang khas. Sobat tiket dapat mengenakannya selama dua jam dengan membayar jasa sewa tentunya.

Dengan menggunakan pakaian tradisional dan berfoto di bangunan ala Eropa.

Harga tiket masuk: mulai dari Rp35.000an/orang*

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391 (buka di Google Maps)

Jam buka: pukul 08.00 hingga 20.00 WIB

Kembali beroperasi sejak: 13 Juni 2020

6. Tangkuban Perahu

Sungguh indah pemandangan gunung di sini. Tangkuban Perahu Merupakan adalah gunung yang menjadi salah satu objek wisata alam yang sangat terkenal di kawasan Cikole, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Tangkuban Perahu yang memiliki ketinggian sekitar 2.048 Mdpl ini merupakan gunung berapi aktif dan masih sering sekali aktif, tercatat terakhir aktif kembali yaitu sekitar tahun 2015. Tangkuban Perahu memiliki beberapa kawah yang bisa kamu kunjungi, dan yang paling populer di antaranya yaitu Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas.

Jika ingin membeli souvenir untuk oleh-oleh sobat tiket bisa berbelanja di kios-kios yang ada di sekitar kawasan ini. Kios-kios menjual mulai dari aksesoris serba serbi khas Tangkuban Perahu yang tentunya sangat menarik. Di kawasan ini juga sudah tersedia beragam fasilitas seperti toilet, masjid dan kantor polisi.

Harga tiket masuk: mulai dari Rp25.000-Rp30.000an/orang*

Lokasi: Cikahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (buka di Google Maps)

Jam buka: pukul 07.00 hingga 17.00 WIB

Kembali beroperasi sejak: 13 Juni 2020

7. Floating Market Lembang

Destinasi wisata yang satu ini menawarkan wisata alam pedesaan yang asri dan sejuk, dilengkapi dengan segala keunikan yang dimilikinya. Floating Market Lembang dilengkapi dengan sebuah danau bernama Situ Umar yang menjadi pusatnya para wisatawan untuk berkunjung kesini.

Selain itu, tempat wisata ini menawarkan keunikan berupa wisata pasar terapung yang menjual berbagai jenis makanan dan jajanan yang enak, misalnya baso tahu, colenak, siomay, tahu lembang, surabi, dimsum, dan lain sebagainya dengan harga mulai dari Rp5.000 untuk makanan ringan sampai dengan Rp35.000 untuk makanan yang lebih berat.

Buat sobat tiket yang ingin merasakan berbelanja makanan di pasar terapung, boleh banget nih untuk datang ke Floating Market Lembang. Dijamin ga akan nyesel deh!

Harga tiket masuk: mulai dari Rp15.000-Rp20.000an/orang*

Lokasi: Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391 (buka di Google Maps)

Jam buka: pukul 09.00 hingga 19.00 WIB

Kembali beroperasi sejak: 7 Juli 2020

8. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Bumi Perkemahan Ranca Upas adalah salah satu tempat favorit untuk liburan dengan suasana alam bebas di kawasan Bandung. Lokasinya yang berada pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, menjadikan suasana di Bumi Perkemahan Ranca Upas begitu sejuk dan segar.

Hutan alam di sekitar kawasan ini masih begitu alami. Karena itu, ada banyak pepohonan di antara lain adalah pohon Jamuju, Huru, Puspa, Kitambang dan lainnya yang bisa ditemukan di sini. Sementara itu sobat tiket juga bisa melihat kumpulan rusa, foto-foto hingga memberi makan mereka.

Fasilitas permainan outdoor yang menantang dan seru seperti Water Ball, Shake Stairs, Flying Fox, Cargo Net dan lain sebagainya juga tersedia di sini. Bahkan ada salah satu pohon besar di tempat ini yang dijadikan sebuah rumah pohon yang bisa dijadikan tempat bermain.

Harga tiket masuk: mulai dari Rp15.000an/orang*

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973 (buka di Google Maps)

Jam buka: 24 jam

Kembali beroperasi sejak: 27 Juni 2020

9. Lembang Park and Zoo

Lembang Park and Zoo adalah area rekreasi dan tempat bermain yang dikombinasikan dengan kebun binatang. Destinasi wisata yang satu ini identik dengan udara sejuk dan juga dikelilingi pemandangan khas pegunungan.

Ada beragam jenis satwa yang ada di Lembang Park and Zoo di antaranya bebek, burung, meerkat, beruang madu, ikan, ular, buaya, rakoon, kambing, dan beragam hewan lainnya. Pada area reptil terdapat beberapa hewan yang bisa kita sentuh dan foto bersama.

Selain banyak hewan yang indah, banyak juga spot-spot foto yang indah dan pastinya bisa mempercantik feeds di instagram kalian.

Harga tiket masuk: mulai dari Rp35.000-Rp40.000an/orang*

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391 (buka di Google Maps)

Jam buka: pukul 09.00 hingga 17.00 WIB

Kembali beroperasi sejak: 13 Juni 2020

10. Glamping Lakeside Rancabali

Anda bisa camping tanpa harus ribet atau merepotkan saat ini. Sebab terdapat cara berkemah baru bernama glamping alias glamorous camping. Lokasi perkemahan yang menyediakan kemah glamor ada di Glamping Lakeside Rancabali, Ciwidey, Bandung.

Glamping Lakeside Rancabali menawarkan kemah simpel, tidak ribet, namun tetap menyajikan esensi kemah itu sendiri. Hanya perlu membayar biaya glamping, tidak perlu membawa perlengkapan kemah. Karena, sudah disediakan oleh pengelola, termasuk juga disediakan listrik, kamar mandi, dan konsumsi.

Harga tiket masuk: mulai dari Rp2.000.000-an/tenda*

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.Km. 39, Situ, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973 (buka di Google Maps)

Jam buka: 24 jam

Kembali beroperasi sejak: 13 Juni 2020

Sumber: Tiket.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top