5 Tips Menggelar Outbound yang Aman Saat Pandemi Corona

outbound lembang bandung
Ilustrasi menggelar outbound yang aman di Bandung saat pandemi corona.

Pandemi corona atau Covid-19 memang menjadi tantangan bagi sektor pariwisata. Para pelancong yang sudah merencanakan liburan bersama teman maupun keluarga sejak 2019 pun harus pupus karena pandemi corona. Tak terkecuali, perusahaan atau institusi yang telah merencanakan kegiatan outbound bagi para karyawan.

Tak sedikit perusahaan yang harus mengatur ulang jadwal outbound mereka demi keamanan karyawan dari virus corona. Namun memasuki era new normal alias kenormalan baru, beberapa perusahaan memutuskan untuk melanjutkan kegiatan outbound di daerah destinasi wisata yang dipilihnya. Misalnya di Bandung, Puncak Bogor, Garut dan Pangandaran.

Lalu, bagaimana cara agar outbound yang digelar tetap aman dan terhindar dari penularan Covid-19? Berikut ini adalah tips aman menggelar outbound di masa new normal di tengah pandemi corona.

1. Gunakan Jasa EO Outbound Virtual

Berbagai kegiatan yang biasanya dilakukan secara tatap muka, kini digelar secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom. Mulai dari belajar jarak jauh di lembaga pendidikan hingga seminar nasional online yang kemudian disebut webinar (web seminar).

Nah, sekarang ini, kegiatan outbound bagi perusahaan atau lembaga juga bisa dilaksanakan secara virtual dengan memakai aplikasi Zoom. Outbound virtual kini menjadi solusi bagi perusahaan yang ingin tetap menggelar outbound di tengah pandemi corona.

Selain biaya yang lebih terjangkau, outbound virtual juga mudah diikuti para peserta karena menggunakan bahan dan alat yang mudah didapat di sekitar kita. Jenis-jenis kegiatan dan permainannya dirancang supaya mudah diikuti peserta outbound tanpa menghilangkan esensi outbound sendiri.

Tertarik outbound virtual? EO Outbound di Bandung, Bellva Adventure Indonesia, menyediakan paket outbound virtual yang telah diikuti sejumlah perusahaan selama pandemi terjadi. Outbound virtual dirancang untuk menjawab tantangan industri pariwisata di tengah pandemi corona.

2. Memakai Masker

Tentu saja, seperti diatur dalam protokol pencegahan wabah corona, masker kini merupakan alat yang wajib digunakan bagi siapapun, termasuk peserta outbound dan pelancong, saat ke luar rumah.

Masker berfungsi agar kalian tidak terpapar virus corona. Tetapi, jangan menggunakan masker jenis scuba sebagaimana pengumuman Gugus Tugas Covid-19 bahwa masker scuba tidak melindungi penggunanya dari wabah corona. Maka gunakan masker kain agar bisa dicuci kembali atau masker N95 yang hanya sekali pakai.

3. Rajin Cuci Tangan

Selain masker, hal lain yang harus dilakukan dan jangan sampai terlupakan adalah cuci tangan. Ya, saat kalian berkegiatan outbound di saat wabah sekarang ini, mencuci tangan harus tetap dilakukan. Oh ya, ingat, cuci tangannya pakai sabun dan perhatikan cara cuci tangan yang dicontohkan WHO.

Intensitas cuci tangan pun harus sering dan tidak cukup hanya dengan melakukan satu kali cuci tangan dalam sehari. Ingat, lakukan cuci tangan secara sering sesuai petunjuk WHO. Cuci tangan adalah salah satu langkah pencegahan penularan virus Corona.

Sering-seringlah mencuci tangan setelah memegang sesuatu, sebelum memasukkan sesuatu ke dalam mulut, memegang hidung, atau wajah. Ikuti petunjuk mencuci tangan yang benar selama 20 detik sesuai dengan anjuran WHO.

Bila tingkat mobilitas kalian tinggi, misalnya seorang pekerja lapangan, maka setidaknya perlu dipersiapkan hand sanitizer di dalam tas atau saku agar bisa langsung digunakan kapan saja dan di mana saja.

4. Tetap Jaga Jarak

Kalau Anda ingin menggelar outbound secara langsung atau tatap muka bersama para peserta, maka harus juga dipastikan jaga jaraknya terutama saat berada di fasilitas umum. Minimal jaga jarak satu meter antara kita dengan orang lain. Outbound yang Bellva Adventure sajikan dapat dipastikan telah memenuhi protokol kesehatan sebagai wujud pencegahan corona.

5. Jangan Lupa Bawa Bekal dan Alat Makan Sendiri

Ketika Anda memutuskan untuk menggelar outbound secara tatap muka di lokasi destinasi wisata di Lembang Bandung, sebaiknya persiapkan bekal dan alat makanan sendiri yang dibutuhkan. Seperti sendok dan garpu guna menghindari penggunaan alat makan secara bergantian. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here