Seru! Wisata Desa ke Kampung Pasir Ipis Lembang Bandung

Kali ini tim Bellva Adventure Indonesia akan membahas wisata unik, outbound unik, dan gathering unik di Lembang Bandung. Tentu jamak yang tahu Lembang adalah tempat atau lokasi kegiatan wisata. Di Lembang Bandung terdapat wisata kuliner, wisata outbound, wisata gathering, wisata adventure, wisata keluarga dan masih banyak lagi.

Nah, sekarang Bellva Adventure akan memperkenalkan wisata terbaru-unik, gathering unik, outing unik, di mana semuanya ini berbeda dari kegiatan outbound biasanya. Outbound unik yang kami tawarkan adalah kegiatan outbound wisata Desa Pasir Ipis. Di sini kalian bisa merasa fun, dan mendapatkan edukasi. Kegiatan ini berada di suatu kampung di Lembang Bandung.
 
Tempatnya asri, sejuk dan ada pemandangan indah. Warganya juga terkenal sopan dan ramah. Tentu saja ini menambah kegiatan wisata Anda makin seru.

Akses Menuju Kampung Pasir Ipis:
Lokasi kampung Pasir Ipis ini berada di kawasan Lembang Bandung tepatnya di Kampung Pasir Ipis RW 06 Desa Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Aksesnya pun cukup gampang jika berangkat dari arah Kota Bandung.

Waktu tempuh dari Kota Bandung paling lama adalah 1 jam perjalanan dengan mobil pribadi. Satu jam perjalanan juga jika kalian datang dari Subang dengan mobil pribadi. Tetapi, yang harus dicatat, saat sudah berada di Lembang, perjalanan tidak bisa dilakukan dengan mobil besar atau bus.

Perjalanan ke Kampung Pasir Ipis hanya bisa ditempuh dengan kendaraan kecil seperti mobil pribadi, atau dengan ojek. Kalian juga perlu tahu, sebagian besar masyarakat di Kampung Pasir Ipis, bekerja sebagai petani. Mereka sangat giat bercocok tanam atau bertani, dan beternak sapi. Tetapi ada juga yang ke luar kampung untuk bekerja.

Lahan yang digarap warga setempat, mayoritas adalah memang miliknya pribadi. Jadi, jika ada kunjungan wisata ke kampung tersebut, sangat mudah untuk berkoordinasi dengan warganya.

Perjalanan menuju kampung tersebut harus melewati turunan dan tanjakan. Tetapi, setelah sampai di kampung tersebut, rasa lelah kalian akan terobati oleh pemandangan dan suasana kampung yang begitu indah. Di kampung ini ada banyak jenis tanaman sayuran, bunga, buah-buahan, dan peternakan.

Bahkan untuk sekarang banyak homestay-homestay yang di sewakan untuk para pengunjung wisata di kapung tesebut juga tesedia tempat wisata hutan Pasir Ipis untuk kegiatan camping dan wisata berfoto, adapun tempat  kunjungan kebun strobery petik sendiri di kebun buah ini pengunjung bisa lansung petik sendiri dengan harga yang sangat terjangkau, kemudian kebun tanaman bunga dengan berbagia jenis waran dan jenis tanam bunga ini menambah nilai tambah ke Kampung Pasir Ipis tersebut.

Selanjutnya kami jelaskan tentang program kegitan wistan kampung pasir ipis untuk jumlah banyak, program di wista edukasi kampung ini sangatlah unik kenah karena program di kampung ini tidak banyak orang menjual wisata ini karena di wista ini mungkin sangat jarang juga peminatnya
 
Tapi program ini sebenarnya kalu di lihat dan di telaah ini sangatlah  komplit karena sangat lengkap dari mulai, fun, edukasi, iteraksi, gathering , outbound dapat di lakukan semuanya, cuman mungkin jauh dari kata melenial dan moderen tapi apabila membutuhkan kegiatan seperti ini kami sipa membantu dan memberikan program yang tebaik yang dapat mendapatkan hal baik pula untuk para peserta kegiatan wisata ini.

Contoh program kami tawarakan yaitu:

Dari mulai datang ke lembang peserta akan langsung menuju pasir ipis dengan mengunakan atau menyewa ngakot atau lebih baik juga jalan kaki karena  banyak hal yang akan di temaukan di perjalanan menuju kampung pasir ipis tersebut!

Perjalanan dengan jalan kaki dapat di tempuh dengan  kurang lebih 45 menit kebilang deket sih  tapi  gak bakalan terasa cape karena di smaping kiri kana perjalan di hidangkan dengan pemandangan yanga begitu  indah karena banyak bukit yang bisa di lihat. pake kedaraan lebih cepat dengan durasi 20 menit peserta akan sampai di tujuan tapi kalu menurut saya kurang seru.

Setelah sampai di kampung pasir ipis kita langsung akan menikamti pemandangan dan jamuan welcome dring , snack tarditional khas lembang di baalai rw pasir ipis sambil istirahat dan pekenalan peserta kepada beberapa perwakilan masyarakat di kampung tesebut.

Setelah itu apabila untuk kebtuhan gathering menginap perusahan maka akan proses check in dulu di dengan beberpah home stay di kawasan  tesebut atau dengan mengunakan rumah waraga itu yang akan di bantu oleh team eo Bellva Adveture Indonesia mereka akan langsung mencari rumah warga mana yang mereka akan tingali/huni.

Apabila program tidak menginap setalah smapi dan distirahat meraka langsung akan berkenalan dengan waraga dan akan pembagian kelompaok agar stiap pengawasa dari kampung tersebut tidak terlalu banyak.

Kegiatan wisata kampung tersebut yaitu mengikuti kegitan warga yang beraktivitas di sana, setelah mereka mendapatkan warga yang akan menerima beraktivitas peserta langsung terjun ke lapangan untuk mengikuti kegitan warga tersebut.

Pertama peseta akan di ajak ke kebun pertanian warga tesubut di pertanian peserta akan di ajak dan mempelajari pertanian dari mauali mencaangkul dengan tahapan tahapan yang benar dan yang biasa di lakukan para warga yang betani. Kemudian peserta akan diajarkan dengan step-step standar bertani sperti cara memberi pupuk, cara menanam, cara memberi pestisida dan akan bahas dan peraktek bagai mana cara nya bercocok tanam dan merwat  tanaman sapi panen dengan baik.

Setelah kegiatn bercocok tanam peserta akan di ajak untuk berkatifitas lain yaitu mempelajari dan peraktek bertenak, setah pulang dari kebun makan akan seedikit beristirahat dulu sejenak untuk menikmati dan menghirup udara segar di kawasan kampung tersebut.

Selang beberapa saat peserta akan diajak menuju peternakan warga tersebut karena peternakannya adalah sapi maka yang sangat di tonjolkan buka daging sapinya melainkan adalah susu sapinya  maka setiap peserta akan mencoba memerah sapi, tapi sebelum memerah sapi peseta akan diajarkan terlebih dahulu cara merawat sapi sebelum proses pemerahan.

Yang pertama dilakukan peserta akan di ajak untuk belajar cara memebuat makanan buat sapi dari dedek sampi di hidangkan dan di berikan ke sapi, setelah habis sapi akan di mandikan terlebih dahulu samapai bersih berkut kandangnyapun harus bersih itu akan di lakukan oleh peserta kegiatan wisata tersebut.

Berikutnya peserta akan terjunlangsung untuk mencoba memerah sapi dengan baik anah di sini peserta perlu ke hati-hatian untuk cara memerah sapi karena langsung berintrekasi dengan hewan, semua kegiat di kampung ini tidak ada yang moderen semuanya di lakukan dengan cara yang tardisional dan manual.

Penampung susu yang paling besar di Jawa Barat adalah KPSBU (Koperasi Susu Bandung Utara) Lembang, KPSBU ini adalah pusat penampungan susu yang paling besar di kota lembang dan mendirikan cabang-cabang di setiap kampung yang penduduknya mayoitas peternak sapi.

Nah di kampung pasir ipis pun ada cabang penampungannya, maka setalah beres memerah sapi hasil dari perhannya itu akan di setor ke KPSBU cabang pasir ipis, peserta akan mencoba mengantar susu sapi ke penampungan dengan di dampingi oleh peternak itu sendiri dan bisa langsung melihat proses penampugannya. sehabis mengatarkan susu sapi ke pengepul atau ke penampungan peserta akan tetep berkeitan di area peternakan karena sehabis di perah sapi akan di berikan makan aslinya yaitu rumput.

Kegiatan wisata edukasinya pun sudah di lampoe oleh peseta berikutya kita akan mencoba mengajak peserta untuk memebuat makana bagi para peternak dan petani. di sini kita akan membuat makanan tardisional khas lembang ini adala sebagia program berkegitan di kampung ini.

Peserta akan berintrekasi lansung dengan warga setempat bagai mana cara megolah dan bahan apa aja yang di butuhkan hingga akhirnya kolaborasi peserta dengan  masyarakat terjalin dan menjadi satuhal yang baik dan dapat memberiakan sajian untuk warga atau untuk warga yang di ikuti kegitannya.

Berikutnya apabila peserta kegitan tidak menginap makan dengan waktu yang tersisa peserta akan di ajak ke liling kampung dan berinteraksi dengan warga sekitar atau mengikuti kegitan warga di sore hari seperti ikut bakti sosial membersihkan kapungpung atau pun wisata ke kebun bunga dan memepelajari cara bercocok tanam bunga ataupun berkunjung ke kebun strobery.

Di sore hari menjelang malam peserta akan berpamitan kepada warga di kampung tesebut  dan kembali ke kota lembang dengan  mengunakan ojek, jalan kaki atau sewa angkot sesuai kebutuhan.

Itulah program wisata desa dengan program tanpa menginap dan apabila peserta dengan proram menginap masih banyak kegitan warga kampung pasir ipis yang di lakukan oleh peserta seperti pawey obor, ronda malam, kesenian tardisional kampung pasir ipis kurang lebih aktifitas smapai jam 22.00 wib berikut mengolah hidangan makan malam.

Di kesokan harinya peserta akan sedikit berolah raga atau jalan santai di kawasan kampung sambil menikmati udara segar di pagi hari di kampung tesebut di hari kedua ini acarapun lebih santai karena gak akan mengikuti kegitan warga lagi tetapi bisa berkegitan yang lain  seperti kita akan keliling untuk mengenal kampung tersebut atau kita bisa siapkan game ringan di kampung tesbut sambil menunggu jam pulang.

Kegiatan di kampung ini pun bisa di komben dengan kegitan lain seperti tour wisata lembang, Offroad, Paintball atau dengan yang lainnya yang ada di kawsan Lembang. Paket menginap pun kita bisa bantu tidak hanya di home stay, kita bisa kerja sama dengan hotel , villa, bungalow, glamping, Camping di sekitar dan kita sebagai Event Organizer Bellva Adventure Indonesia kita akan bantu semua kebutuhan seperti:

Gathering Outboud – Outing Gathering – Company Gathering – Family gathering – Sekolah Gathering – Offraod – Paintball – Rafting – Wisata Tour

Kami siap membantu kebutuahn anda dengan program-program yang sesuai yang diinginkan. Apabila berminat menggelar event wisata, dapat menghubungi kami sebagaimana di bawah ini:

Bellva Adventure Indonesia
WA/TELP
Dhani Hermawan
0822 1881 9523
0878 7755 8539
 
Email:
info.bellva@yahoo.com
bellvaadventureindonesia@gmail.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here