Gambaran Kegiatan Rafting di Subang Lembang

Halo Bellvalers, kami melalui artikel ini akan mengulas rafting di Subang Lembang Jawa Barat. Artikel ini akan memberi gambaran kepada Anda tentang bagaimana kegiatan rafting di Subang Lembang. Simak baik-baik.

Biasanya, olah raga arung jeram atau rafting dilakukan di lokasi arung jeram atau sungai yang arus airnya cukup deras. Namun ada beberapa yang lebih menyukai rafting di sungai yang berarus air tidak terlalu deras.

Dalam pelaksanaannya, olah raga arung jeram rafting Subang Lembang harus memiliki pemandu profesional. Perintah dari pemandu ini harus diikuti dan dilaksanakan, demi keselamatan diri kita dan kelompok kita.

Karena bila anda tidak siap, bisa saja Anda akan membawa pengaruh yang kurang baik untuk keamanan dan keselamatan kelompok. Persiapkanlah segalanya sebaik mungkin, dan kami sarankan sebaiknya Anda makan terlebih dahulu sebelum rafting.

Karena pastinya Anda dituntut untuk memiliki fisik dan tenaga yang kuat untuk menjaga kestabilan perahu karet. Kami menyediakan beberapa lokasi untuk fun rafting. Di antaranya:

  • Rafting  Subang Ciater Spa
  • Rafting  Subang Cipunagara
  • Rafting  Pangalengan Situcilenca
  • Rafting  Ciwidey
  • Rafting sukabumi

Kegiatan fun rafting yang kami tawarkan ini sangat bervariasi dari mulai arus, rute, tekanan air dan lebar sungai. Tetapi ini sangat aman dilakukan karena rafting yang kami tawarkan akan dibantu tenaga pemandu atau fasilitator yang profesional yang akan membantu kenyamanan Anda bermain rafting.

Tidak ada pakaian khusus untuk melakukan Arung Jeram  atau Rafting ini, anda diperbolehkan menggunakan pakaian apa saja, dan tentunya jangan lupa untuk menggunakan pelampung disekitar dada, pundak dan lengan anda untuk menjaga anda tidak tenggelam jikalau perahu karet anda terjungkir atau terbalik.

Hal itu bisa terjadi karena terjangan arus sungai yang deras.Olah raga ini akan terasa sangat menarik jika kita berteriak sekencang-kencangnya saat melewati ombak dan arus serta bebatuan yang begitu naik turun dalam lintasan yang akan anda lewati nantinya,

karena tidak ada larangan untuk berteriak saat berarung jeram. Anda tidak perlu takut tenggelam jika anda tidak bisa berenang, karena tim kami akan selalu siap siaga untuk menjaga dan menyelamatkan anda jikalau terjadi sesuatu hal yang kurang baik,

dan andapun diharuskan untuk tidak panik jika perahu karet yang anda kendalikan terjungkal dan terbalik sehingga membuat anda tercebur ke sungai, karena kepanikan anda bias saja menjadi boomerang untuk anda sendiri nantinya.

Peralatan Arung Jeram

Untuk berolahraga rafting atau arung jeram, tentu diperlukan beberapa perangkat yang berguna untuk menjaga keselamatan dan keamanan saat mengarung.

1. Perahu

Sudah pasti kita butuh perahu untuk mengarung jeram atau rafting. Ada beberapa bagian yang ada pada perahu. Antara lain bow and stern, chamber atau biasa disebut tube, floor, thwart, boat line (tali kapal), d-ring, handling grip, hole/self bailing.

Posisi duduk anda pun harus mudah untuk menggapai boat line. Bila boat line pada perahu anda terlihat kendur, beritahukan segera pada skipper untuk mengencangkan boat line tersebut agar tidak mengganggu selama pengarungan.

Aturlah jarak duduk anda dengan peserta yang lain agar tidak mengganggu pergerakan selama pengarungan, baik untuk mendayung maupun saat menjalankan instruksi moving position atau perpindahan.

2. Life Jackets (Pelampung)

Seperti perahu, pelampung memiliki berbagai jenis dan ukuran. Pelampung adalah satu pengaman yang paling berguna dalam permainan rafting Lembang, rafting Subang, rafting Pangalengan, rafting Ciwidey, rafting Sukabumi.

Dengan menggunakan pelampung keadaan bisa menjadi tenang dan peserta pun akan tenang karena pemainrafting yang mengunakan pelampung akan mengambang.

3. Dayung

Setiap dayung terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  • Pegangan, berbentuk huruf “T”, biasa disebut “T grip”
  • Gagang, terbuat dari bahan alumunium
  • Terbuat dari bahan fiber dilapisi serat karbon yang ringan dan kuat. Namun ada pula yang terbuat dari bahan campuran plastik

Cara memegang dayung: Memegang dayung dalam kegiatan arung jeram mirip dengan cara memegang sapu. Yang membedakannya hanya pegangan pada bagian “T-Grip”.

4. Helm

Pilihlah helm sesuai dengan ukuran kepala. Pastikan tidak ada keretakan pada helm tersebut, serta semua tali dan strap masih dalam kondisi yang baik.

Pakailah seperti pemakaian helm pada umumnya. Atur strap senyaman mungkin.

Jangan terlalu sempit atau terlalu longgar agar tidak mengganggu pandangan anda selama pengarungan. Sekali lagi, pastikan strap sudah terpasang dan pada posisi yang benar.

Paddle Command (Instruksi Dalam Pengarungan)

Setelah anda terbiasa dengan cara memegang dayung, anda akan diberikan instruksi cara menggunakan dayung tersebut. Instruksi ini disebut paddle command.

Prinsip dalam menggunakan dayung, adalah tenaga disalurkan pada kedua lengan yang menggerakkan dayung untuk mengatur dan mengarahkan gerak perahu.

Arah dayungan tersebut dibantu gerakan badan; disesuaikan dengan tenaga yang diperlukan untuk mengatur dan mengarahkan gerak perahu.

Rescue

Dalam kegiatan arung jeram, keselamatan setiap peserta adalah hal yang utama. Banyak faktor yang harus diperhatikan dalam melakukan kegiatan arung jeram ini.

Namun peserta harus selalu menyadari, kegiatan arung jeram tidak akan pernah lepas dari segala resiko dan bahaya; baik oleh faktor manusia, peralatan, maupun faktor alam yang menyertainya.

Meski begitu, anda tidak perlu cemas, karena justru di sinilah letak salah satu kegembiraan yang akan anda rasakan saat bermain-main dengan air. Self rescue atau tindakan penyelamatan diri saat melakukan kegiatan arung jeram ini perlu anda cermati betul.

Walaupun anda dipandu skipper yang berpengalaman, ia tetap memiliki keterbatasan. Sehingga hal terbaik yang harus anda lakukan adalah melakukan tindakan penyelamatan diri sebelum datang tim rescue yang akan membantu anda.

Prinsip setiap tindakan penyelamatan dalam kegiatan arung jeram, adalah menyelamatkan diri sendiri sebelum melakukan tindakan penyelamatan terhadap orang lain.

Si penyelamat harus benar-benar berada dalam kondisi yang aman dalam melakukan tindakan penyelamatan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari resiko lainnya dan kemungkinan bertambahnya korban.

============================================================

Bellva Adventure Indonesia sangat memperhatikan kenyamanan peserta fun advneture rafting dari titik finis kami akan sediakn transfortasi angkutan untuk membawa peserta menuju titik star kembali.

Fun rafting sangat cocok  bila di gabung dengan kegitan adventure lainnya sepeti offroad, paintball. airsoft atau dengan kegiatn menginap hotel, menginap tenda camp, bungalow, outbound, fun games, tema buiding.

Dan kami dari bellva adventure indonesia menyediakan paket di atas dan akan membantu semua kebutuhan yang mengunakan jasa eo lembang bellva adventure indonesia. []

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top