Pengertian dan 7 Macam Offroad di Indonesia

offroad Bandung

Sebagian dari kita tentu ada yang hobi pada olahraga ekstrem. Dan di antara olah raga ekstrem ini salah satunya ialah offroad. Mungkin di benak kita olahraga offroad hanya terbatas pada kegiatan berkendara di luar jalan raya yaitu di hutan atau di alam dengan melintasi track berlumpur dan hutan belantara.

Secara umum, offroad adalah kegiatan berkendara di alam bebas atau jalur selain jalan raya yang dipenuhi berbagai tantangan seperti jalanan tanah berlumpur, kubangan air, air sungai, ataupun bebatuan.

Meski offroad adalah kegiatan berkendara di jalur yang ekstrem, pengertian offroad ini memiliki makna yang luas karena ada banyak macam offroad.

Kita mungkin bertanya-tanya apa sih makna offroad Indonesia, offroad Bandung, offroad trail, offroad motor dan offroad game serta offroad 4×4. Nah kali ini akan saya bahas dengan rinci.

Medan offroad itu berada di jalur yang ekstrem. Antara lain dengan melewati medan bebatuan yang besar dan area kubangan yang berlumpur. Di luar pemahaman ini ternyata ada jenis offroad yang perlu kita pahami, baik itu oleh kita sebagai wisatawan maupun penggemar olahraga tersebut.

Secara singkat, macam-macam offroad ialah, offroad racing (dessert racing & rock racing), dune bashing (bentuk off-road di bukit pasir), rock crawling & hill climbing, competitive trials, cross-country (antar negara/provinsi), green laning, mudding offroad, dan raid.

Paket Offroad Lembang Cikole

Berikut ini adalah pemaparan mengenai macam-macam offroad:

1. Green Lane Offroad

Jenis offroad ini adalah yang paling ringan. Offroad green lane ini tidak memerlukan mobil offroad yang dimodifikasi berat, tetap mobil dengan roda empat tanpa modifikasi, tentunya dengan sistem 4×4, pun sebetulnya sudah bisa melakukan offroad jenis ini.

Rute offroad green lane ini tidak terlalu berat, yaitu di dalam hutan, jalan raya yang sudah lama tidak terpakai, dan jalan-jalan lain yang pada intinya tidak ada halangan saat melintasinya.

2. Cross Country Offroad

Jenis offroad berikutnya adalah cross country offroad. Offroad jenis ini ialah offroad yang melintasi batas negara. Offroad ini menggunakan rute atau track yang tidak rata dan tergolong ekstrem.

Misalnya melintasi track bebukitan, bebatuan, sungai yang dangkal, dan gurun serta lumpur. Kegiatan offroad tersebut biasanya berlangsung lebih dari satu hari sehingga ada yang menyebutnya sebagai offroad adventure.

3. Rock Crawling

Offroad jenis ini hanya yang sudah profesional dan berpengalaman yang bisa melakukannya. Kalian yang masih pemula jangan mencobanya. Sebab, offroad ini menggunakan track atau rute yang sangat ekstrem dengan kondisi jalan yang menanjak dan menurun tajam.

Maka, seperti yang telah disampaikan, butuh kecermatan dan ini hanya bisa diperoleh dari pengalaman. Kecermatan ini tidak soal kemampuan personal pada seorang offroader, tetapi juga kecermatan dalam merancang kendaraan dengan benar, baik dari sisi suspensi, derek, dan bumper serta yang lainnya.

Jenis offroad Rock Crawling ini sudah ada, dan sering dijadikan dalam bentuk kompetisi. Hal yang dinilai bukan pada kecepatan tapi pada sedikitnya pinalti poin yang didapat. Misalnya dengan menyentuh bendera di lintasan atau lainnya.

Kendaraan offroad di jenis ini harus dimodifikasi, bahkan wajib. Misalnya, suspensinya harus bisa membuat artikulasi gandar yang lebih besar dan juga perlunya modifikasi pada aspek rasio gigi diferensial agar menemukan karakter yang tepat dalam kecepatan yang rendah.

Offroad Bandung Lembang
Offroad Bandung Lembang

4. Mudding Offroad – Water Fording

Mudding Offroad ini punya banyak sebutan. Di antaranya mud running, mudding, mud drags, dan mud racing. Sensasi yang kita dapatkan pada offroad ini sangat luar biasa. Kita akan melintasi track yang penuh tantangan seperti kubangan-kubangan lumpur.

Apa tantangannya? Offroad ditantang untuk melewati jalan berlumpur dengan lancar tanpa terhambat. Karena, biasanya, jeep offroad yang melintasi track offroad ini kerap terjebak di dalam kubangan atau track yang berlumpur.

5. Offroad Water Fording

Jenis offroad water fording adalah offroad yang melewati sungai dengan kedalaman yang dangkal. Tantangan pada offroad ini bagaimana melintasi medan yang berair dengan menjaga jangan sampai mesin mati atau tenggelam di kedalaman air yang dilintasi.

6. Dessert Racing – Dune Bashing

Offroad jenis dessert racing adalah offroad yang diselenggarakan di gurun, bukit yang berpasir atau alam yang gersang. Biasanya penggemar offroad jenis ini karena mereka enggan berhadapan dengan track berlumpur atau basah-basahan.

Memang, offroad ini agak mirip dengan jenis offroad green laning. Tetapi yang membedakannya adalah, offroad desert racing digelar dengan mengutamakan kecepatan melintasi area-area gurun atau berpasir yang konturnya menurun dan menanjak.

Sekadar informasi, lokasi yang biasa digunakan untuk jenis offroad dessert racing yaitu Brown Canyon Semarang. Anda harus memodifikasi mobil dengan tepat dan matang dengan keterampilan yang sudah berpengalaman agar berhasil melintasi track yang penuh tantangan itu.

7. Offroad Ekspedisi

Offroad ekspedisi mungkin sudah dikenal luas di Indonesia. Offroad ekspedisi adalah offroad yang tujuannya untuk mengeksplorasi daerah-daerah pelosok maupun terpencil. Para penggemar offroad jenis ini biasanya senang menemukan hal baru seperti budaya, sejarah, dan pengetahuan baru lainnya. []

Offroad Bandung
Offroad Bandung

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Sorry, you can\\\\\\\\\\\\\\\'t do this...
Scroll to Top