Mempesona! Ini 8 Air Terjun di Bandung Raya yang Wajib Kalian Kunjungi

Halo Bellvalers, jumpa lagi bersama kami, EO wisata di Bandung yang siap mengantarkan Anda menikmati hidup ini dengan bahagia dan membahagiakan. Sungguh menakjubkan! Yup, kali ini kami akan mengulas wisata air terjun di Bandung alias curug yang bisa menjadi pilihan bagi Anda.

Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Barat dan terkenal akan udaranya yang sejuk dan objek wisata alam yang menarik banyak pengunjung. Salah satunya air terjun atau bahasa Sundanya adalah curug.

Di Bandung Raya ini sebetulnya terdapat banyak sekali curug, namun kali ini kami akan menyuguhkan 8 lokasi air terjun di Bandung yang indah dan mempesona tentunya sehingga sayang banget jika dilewatkan.

1. Curug Malela

curug malela via kompas.com
Curug Malela (Foto via kompas.com)

Curug yang populer dan tidak boleh kalian lewatkan adalah Curug Malela. Pemandangannya keren dan menarik. Airnya jernih dan menyegarkan. Air terjun di Bandung Barat ini sering disebut sebagai “Little Niagara”, mungkin karena mirip dengan air terjun Niagara di perbatasan Amerika-Kanada ya meski sedikit.

Air terjun Malela, yang sangat indah dan memanjakan mata ini terletak di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat. Belakangan curug ini menarik perhatian wisatawan.

Indahnya pemandangan yang ditawarkan Curug Malela tak lepas dari pandangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dia mengunggah video tentang Curug Malela di akun Instagramnya @ridwankamil, pada Jumat (16/10/2020), dilansir di Kompas.com.

“Curug Malela, bukan Milea. Salah satu air terjun terbesar di Jawa Barat. Infrastruktur akses dan ruang istirahat untuk pengunjung sudah diperbaiki agar nyaman dan tidak berpotensi mengotori lingkungan,” tulis pria yang akrab disapa Kang Emil dalam akun Instagram @ridwankamil.

Kang Emil menjelaskan, Curug Malela merupakan salah satu program unggulan destinasi wisata dari dana Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Tak lupa, ia mengajak serta wisatawan agar bisa berkunjung ke sana.

Lalu, seperti apa Curug Malela? Apa saja yang ditawarkan oleh tempat wisata yang berjuluk The Little Niagara ini? Silakan langsung kunjungi lokasinya yaa..

2. Curug Cinulang

curug cinulang
Curug Cinulang (Foto via travelspromo.com)

Pesona curug ini indah dan patut kalian kunjungi. Di Curug Cinulang ada berbagai fasilitas agar pengunjung merasa nyaman. Kalian juga bisa berfoto-foto selfie di sana karena banyak spot foto yang menarik dan cocok untuk diposting di Instagram.

Salah satu spotnya adalah jembatan kayu. Lokasi air terjun ini ada di perbatasan antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang, di Jalan Cicalengka Sindangwangi Sindulang, Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Tempatnya memang tersembunyi tetapi aksesnya cukup mudah dilewati. Tiket masuknya yaitu Rp 5.000 per orang.

3. Curug Panganten

Selanjutnya adalah Curug Panganten. Kalian yang ingin mengunjungi curug satu ini, bisa menemukannya di area Wisata Alam Katumiri Cimahi. Lokasinya berada di Jalan Raya Cihanjuang KM 5,56. Curug tersebut punya ketinggian 50 meter. Bagi kalian yang ingin ke sana pada musim hujan, harus hati-hati karena licin dan berlumpur.

4. Curug Omas

Objek wisata curug berikutnya adalah Curug Omas, yang cukup populer di kalangan wisatawan. Curug ini ada di kawasan Hutan Raya Juanda sehingga kalian perlu masuk terlebih dulu ke kawasan tersebut. Nah begitu sampai, kalian bersama kawan-kawan atau keluarga bisa menikmati pesona yang menawan dari curug itu. Udaranya sejuk, adem, dan asri karena banyak pepohonan yang rindang.

5. Curug Maribaya

Selanjutnya adalah Curug Maribaya ini terletak di dalam kawasan Maribaya Hot Spring & Resort. Curug ini terdiri dari dua rangkaian, yaitu Curug Cikawari, dan Curug Cigulung. Bagi kalian yang ingin melihat dan menikmati curug ini maka harus masuk ke kawasan Maribaya Resort.

Di sana kalian bisa berfoto-foto selfie karena punya banyak spot-spot foto yang menarik. Derasnya air terjun ini bahkan sampai terdengar sampai ke jalan raya lho.. so tunggu apalagi, ayo segera berwisata ke curug ini ya..

6. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug ini lokasinya di Jalan Ciwangun Indah, Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Untuk mencapai curug ini aksesnya tergolong mudah karena letaknya tepat di pinggir jalan raya.

Meski curug ini tidak terlalu tinggi, tetapi kalian akan merasa terpesona dengan keindahannya karena memiliki suasana yang sejuk dan cocok bagi kalian yang senang berwisata alam. Tiket masuknya hanya Rp 7.000 saja.

7. Curug Cimahi

Curug Cimahi
Curug Cimahi (Foto via jejakpiknik.com)

Curug satu ini merupakan salah satu Curug di Bandung yang pemandangannya cantik indah serta mempesona. Maja wajar jika curug ini menjadi air terjun yang paling populer dan ramai diburu wisatawan lho.. baik itu wisatawan lokal, dari Jakarta, hingga mancanegara. Sering ada bule lho di sana.

Letaknya juga masih berada di pinggir jalan raya Kolonel Masturki, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

8. Curug Bugbrug

Nah, terakhir, adalah Curug Bugbrug. Lokasi curug ini dekat dengan Curug Cimahi. Jadi ketika Anda ke Curug Cimahi, bisa menikmati dua pemandangan indah sekaligus. Aksesnya mudah dan merupakan air terjun yang cukup populer dan sering ramai dikunjungi wisatawan, tak kalah dengan Curug Cimahi. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here