Menteri Pariwisata Sandiaga Apresiasi Situasi Pandemi Covid-19 di Bandung Semakin Membaik

the great asia africa bandung
Lanskap The Great Asia Africa Bandung

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi semakin membaiknya kondisi pandemi Covid-19 di Kabupaten Bandung. Namun dia mengingatkan, semua pihak tidak boleh bereuforia dan tetap harus menerapkan protokol Covid yang ketat dan disiplin.

“Salah satu inovasi yang sekarang akan kita kembangkan adalah bagaimana vaksinasi ini terus dilakukan selama tiga-enam bulan ke depan,” tutur dia saat menghadiri acara workshop pelaku ekonomi kreatif di Gedung Sabilulungan, Soreang, Jumat (10/9).

Dengan demikian, lanjut Sandiaga, para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Bandung bisa kembali menjalankan usahanya termasuk dalam mengembangkan usaha di sektor kepariwisataan. Dia juga mengajak agar para pelaku ekonomi kreatif menyampaikan narasi tunggal hidup berdampingan bersama Covid-19 kepada masyarakat.

Sandiaga dalam kesempatan itu menyoroti pentingnya seni pertunjukan dalam menyampaikan narasi tersebut. Salah satunya lewat pertunjukan wayang golek dengan para dalangnya. Dia mengatakan, dalang berperang penting untuk menarasikan secara baik kepada masyarakat tentang hidup berdampingan bersama Covid-19.

“Yang paling bisa menyampaikan narasi hidup berdampingan bersama Covid ke masyarakat ya dalang. Termasuk juga bagaimana kita hidup dalam kenormalan baru sekarang ini,” kata mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu.

Selain itu Sandiaga juga mengingatkan untuk terus memasifkan vaksinasi di Kabupaten Bandung. Sebab, kesuksesan vaksinasi akan membuat iklim investasi di Kabupaten Bandung semakin lebih baik. Namun dia mengingatkan, meski telah menjalankan vaksinasi, masyarakat harus terus diingatkan untuk senantiasa mematuhi protokol Covid-19.

Narasi tentang kepatuhan terhadap protokol Covid-19 ini, menurut Sandiaga, bisa disampaikan dengan cara-cara yang kreatif. Misalnya melalui acara pertunjukkan wayang golek dan acara kesenian lainnya. “Tentunya harus dikoordinasikan dengan Satgas Covid-19 dan tim pelaksanaan vaksinasi oleh TNI-Polri, Dinas Kesehatan Kabupaten dan Provinsi,” tutur dia.

Selanjutnya, Sandiaga mengatakan, pemerintah akan terus mendorong aspek pemasaran dan permodalan agar iklim wirausaha di Kabupaten Bandung semakin baik. “Kita tekan terus pandemi ini bersama-sama dan pemerintah hadir untuk membantu pelaku ekonomi kreatif,” tuturnya. []

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Sorry, you can\\\\\\\\\\\\\\\'t do this...
Scroll to Top