Ini Tips Pilih Asuransi Buat Para Traveler

Tren traveling atau melancong ke luar negeri maupun di dalam negeri pada saat ini terus mengalami peningkatan. Dari tahun ke tahun, menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada Juni 2019, jumlah traveler dalam negeri tumbuh 12 persen pada 2018.

Berlibur ke dalam negeri maupun luar negeri pun telah menjadi tren leisure economy bagi wisatawan Indonesia dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Tren wisata baik di lokal maupun luar negeri di tahun 2020 pun diperkirakan semakin penuh dengan eksplorasi. Berkaitan dengan hal tersebut, kesadaran untuk mengasuransikan perjalanan, semakin naik.

Maria Susana, Head of Travel & Affinity Department Sompo Insurance Indonesia mengungkapkan, mayoritas wisatawan yang ke Eropa memilih dilindungi asuransi karena berkaitan juga dengan pemenuhan syarat visa. Tetapi tren di Asia juga sudah mulai naik.

“Makanya, kita edukasi terus kalau sebenarnya asuransi ini penting enggak cuma pergi ke yang jauh, ke negara dekat juga perlu. Di luar negeri, rumah sakit juga mahal,” ucap Maria seperti dikutip dari Republika.co.id.

Maria menyarankan memilih jenis asuransi sesuai kebutuhan. Misalnya, perhatikan betul-betul apakah pengguna lebih cenderung sering atau menyukai perjalanan jangka panjang atau pendek.
“Kalau misalnya jalan-jalan lebih dari tiga kali setahun, ke Eropa, Australia, Asia Pasifik, saran saya beli saja paket asuransi yang tahunan karena lebih hemat jauh, beda dibandingkan dengan yang short trip atau perjalanam cuma setahun sekali,” lanjut Maria.

Dalam memilih asuransi perjalanan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kemudahan klaim. Sehingga dari segi pilihan produk bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Terlebih lagi disesuaikan dengam negara-negara tujuan.

“Dari kami juga tidak pilih-pilih rumah sakit, kalau harus evakuasi segera ya segera. Tapi kalau penyakit bawaan kita lihat dulu, bisa enggak cover,” jelas Maria. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here