7 Tips Traveling Bareng Teman Biar Gak Ribut Soal Budget

87

Melancong memang paling menyenangkan bila bareng dengan teman-teman. Perjalanan akan makin seru dan tidak akan membuat kita merasa jenuh pastinya. Namun sepertinya ada beberapa hal yang perlu kamu pikirkan baik-baik sebelum melancong bersama mereka, demi menghindari keributan soal budget.

baca juga: Paket Terbaik dan Informasi Terlengkap tentang Outbound di Bandung & Lembang

EO Gathering Outbound Bandung (Bellva Adventure Indonesia) menawarkan beberapa paket traveling:

Paket Outbound Lembang
Paket Outing Lembang
Paket Adventure Offroad
Paket Paintball War Game
Paket Gathering Lembang
Paket Fun Game Tanpa Menginap
Paket Outing Menginap
Paket Gathering Menginap
Paket Family Gathering

Yup, bila traveling bersama teman tongkrongan, terkadang merasa mengapa selalu kita yang bayarin ini itu. “Mengapa gua yak yang selalu bayarin”, “loh dia kapan ngeluarin uang, kalau gua melulu yang bayarin lah duit dia awet dong, sedangkan duit gua menipis.” Hayoo… Benar gak? Nah, jangan khawatir, sebab kali ini Bellva akan kasih tips. Simak 7 tips berikut ini.

1. Banyakin ngobrol sebelum memulai perjalanan.

Pembawa acara TV kondang sekaligus traveler, Collette Stohler, mengatakan bahwa ngobrol dengan teman itu sangat penting sebelum melakukan perjalanan dengan bajet yang masing-masing berbeda. Ngobrol ini yaitu untuk membicarakan tentang berapa persis bajet yang akan dihabiskan, tujuan, dan ide selama perjalanan. Perbanyak ngobrol ini akan mengurangi konflik yang dapat membuat perjalanan kalian tak nyaman.

2. Pikirkan Prioritas.

Ya, pikirkan apa yang akan menjadi prioritas selama traveling nanti. Ini juga sangat penting, karena akan membuat kita mengetahui apa saja yang menjadi prioritas. Sehingga kamu dan teman-teman dapat menentukan anggaran yang diperlukan. Oh ya, anggaran yang harus diprioritaskan seperti akomodasi dan transportasi.

3. Gunakan Apapun yang Murah Bahkan Gratis

Ahli strategi pengembangan pariwisata, Audrey Scott, menyarankan untuk mencari kegiatan yang murah atau gratis. Misalnya mengikuti tur jalan kaki keliling kota, menggunakan transportasi umum, atau jalan kaki.

4. Rencanakan Tempat Menginap dengan Baik

Seorang travel blogger bernama Christine Johnson, memberi saran kepada kita yang ingin traveling bersama teman-teman, untuk merencanakan tempat penginapan yang sama atau berdekatan. Tujuannya agar lebih hemat tentu saja, selain juga akan lebih seru dan nyaman bila menginap di hotel yang sama dengan kamar masing-masing.

5. Jangan Paksa Temanmu

Terkadang kamu dan temanmu punya tujuan destinasi yang berbeda. Kamu inginnya ke sini, mereka malah ke sana. Nah, jangan paksa mereka mengikuti kemauanmu. Sebab bagaimana pun tolok ukur kesenangan orang saat melancong berbeda-beda. Ada yang suka museum, ada yang suka alam, ada yang suka sejarah, beda-beda.

Karena itulah, jangan khawatir bila memang kalian harus berpisah agar masing-masing dapat berkunjung ke destinasi yang diinginkan. Tapi, tentukan waktu atau tempat yang akan menjadi patokan bagi kalian untuk bertemu lagi.

6. Atur waktu yang Fleksibel.

Ketika kamu melancong bersama teman, maka aturlah waktu luang atau fleksibel sehingga temanmu bisa melakukan perjalanan sendiri dengan bajet yang dimilikinya. Ingat, temanmu juga punya hak untuk menikmati perjalanan yang sesuai dengan kesukaannya. Bila kamu tertarik dengan destinasi yang ingin dia tuju, ya ikutan lah.. Eits, tunggu dulu, jangan berharap temanmu akan menanggung biaya ketika kamu ikut. Karena dia bukan orang tuamu. hahahaha..

7. Jangan Suka Membagi Tagihan

Sederhananya begini, ketika kamu cuma makan tempe dan tahu di sebuah restoran di Lombok demi sebuah penghematan, sedangkan temanmu makan ikan bakar yang mahal, maka sesudahnya jangan membagi tagihan 50:50, atau angka lain yang tidak adil. Supaya fair, bayarlah masing-masing sesuai yang dikonsumsi. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here