Persoalan wabah virus corona atau covid-19 berdampak signifikan pada sektor pariwisata di Bandung. Objek-objek wisata di Bandung pun terpaksa tutup baik atas dasar inisiatif perusahaan maupun karena instruksi pemerintah setempat.

Dan hingga kini, belum ada yang mengetahui pasti kapan masalah wabah virus corona di Indonesia ini akan berakhir. Namun yang pasti, pemerintah kita terus berusaha secara serius untuk mencari jalan keluar terbaik agar wabah ini segera terselesaikan.

Sekurang-kurangnya sebagaimana dilansir dari Kompas.com, ada 33 objek wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang ditutup. Hal ini dilakukan sebagai langkah yang diambil untuk mencegah penyebaran wabah virus corona.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat Sri Dustirawati membenarkan banyak objek wisata di Bandung Barat yang tutup khususnya yang berada di kawasan Lembang. Sri dalam kesempatan itu juga mengaku akan terus mengawal kebijakan penutupan melalui surat edara Bupati Bandung Barat Aa Sutisna Umbara.

Meski begitu Sri pun mengakui, sebelum ada Surat Edaran Bupati Bandung Barat soal penutupan tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat, sebetulnya wilayah Lembang yang merupakan tempat atau objek tujuan wisata dari berbagai daerah itu sudah sangat sepi dari kunjungan wisatawan.

Sri juga mengimbau kepada seluruh pengusaha tempat wisata serta masyarakat untuk menunda segala bentuk acara yang melibatkan banyak orang. Ia juga mengimbau agar semua pihak tetap waspada dengan menerapkan Protokol Kesehatan terkait Covid-19 sesuai Surat Edaran Menteri Kesehatan RI.

Surat tersebut menyebut untuk menjaga jarak sosial atau social distancing dengan jarak minimal satu meter sesuai panduan WHO dan UNWTO. Berikut daftar 33 tempat wisata yang ditutup di Kabupaten Bandung Barat untuk mencegah penyebaran virus corona.

Berikut ini adalah 33 objek wisata di Bandung Barat yang tutup karena corona:

1.Curug Layung KPH Bandung Utara
2.Curug Pelangi KPH Bandung Utara
3.Lembah Curug Gunung Putri
4.Curug Sawer Perhutani KPM Bandung Selatan
5.Sanghyang Heuleut
6.Sanghyang Kenit
7.Sanghyang Poel
8.Situ Ciburuy
9.Stone Garden
10.Indiana Camp
11.Cisameng Rafting
12.Gua Pawon
13.The Great Asia Afrika
14.Ciwangun Indah Camp
15.Curug Tilu Leuwi Opat Perum Perhutani
16.D’Dieuland
17.Lembang Park Zoo
18.Grace Rose Farm
19.Farm House
20.Dusun Bambu
21.Orchid Forest
22.Kebun Bunga Begonia Glory
23.De Ranch
24.Lintas Hutan Indah Jaya Giri
25.Maribaya Natural Hot Spring Resort
26.Fairy Garden
27.The Lodge Maribaya
28.Lembah Bougenville
29.Terminal Wisata Grafika Cikole
30.Cikole Jaya Giri Resort and Adventure
31.Natural Hill
32.Floating Market
33.Curug Malela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here