10 Rekomendasi Tempat Liburan Keluarga di Bandung

Jawa Barat adalah surganya destinasi liburan yang serba ada untuk kalian para pecinta traveling. Bandung memiliki pesona wisata yang beragam, mulai dari destinasi wisata berbasis alam, budaya, kuliner, hingga belanja.

Selain itu Bandung juga punya banyak wisata yang ramah keluarga. Apabila sedang mencari destinasi liburan keluarga yang menyenangkan dan mengesankan, Bandung punya banyak rekomendasi wisata terbaiknya. Terlebih lagi, ada beberapa destinasi yang lokasinya saling berdekatan.

Karena itu, waktu kalian tidak akan terbuang hanya untuk berpindah dari satu spot wisata ke wisata lainnya.

Nah, berikut ini adalah 10 destinasi wisata yang kami rekomendasikan sebagai tempat liburan keluargamu sebagaimana dikutip dari Bisnis.com.

1. Museum Konferensi Asia-Afrika

Museum KAA
Museum Konferensi Asia Afrika (foto via kemlu.go.id)

Selain Gedung Sate, ada satu lagi ikon Kota Bandung yang tak kalah populer, yakni Museum Konferensi Asia Afrika, atau lebih dikenal sebagai Museum KAA.

Museum yang usianya sudah mencapai 40 tahun ini menjadi saksi peristiwa penting dalam sejarah dunia, terutama sejarah persatuan bangsa-bangsa Asia-Afrika.

Tak hanya berkeliling museum KAA, pengunjung juga akan mendengarkan sejarah Konferensi Asia Afrika melalui tayangan video dokumenter yang diputar di ruang audiovisual.

Di sekitar museum juga ada banyak sekali spot untuk berfoto, salah satunya adalah Gedung Merdeka, tempat delegasi-delegasi dari seluruh negara di Asia dan Afrika berkumpul dulu.

Satu lagi, Museum KAA juga sangat dekat dengan Alun-Alun Kota Bandung lho, jadi selepas dari sini, Anda bisa mengunjungi tempat yang lagi hits tersebut.

Museum Konferensi Asia-Afrika, terletak di Jalan Asia Afrika No.65, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

2. Paris Van Java Mall Bandung

paris van java
Paris Van Java (foto via jejakpiknik.com)

Paris Van Java atau biasa disingkat PVJ adalah salah satu surga belanja yang ada #DiIndonesiaAja. Destinasi belanja yang sangat populer adalah Paris Van Java Mall (PVJ). Selain berbagai gerai dari merek ternama, konsep bangunan Paris Van Java Mall juga menjadi magnet lainnya.

Berbeda dari mal kebanyakan, PVJ mengusung konsep Eropa dengan nuansa open air, sehingga saat berada di sini, Sobat Pesona akan merasa betah dan nyaman. Selain menjadi pusat perbelanjaan, PVJ juga memiliki fasilitas menarik lainnya, di antaranya adalah skyfield, gardenice, dan KidZoo.

Skyfield adalah taman buatan yang dipenuhi dengan berbagai jenis tanaman dan bunga, serta berbagai jenis kupu-kupu. Sedangkan, gardenice adalah tempat ice skating. Satu lagi, Anda juga bisa ke rooftop mall untuk melihat kebun binatang mini KidZoo, yang dirancang sebagai wisata edukasi untuk anak.

Ada aneka jenis satwa, seperti marmut, kelinci, domba, kambing, sapi, landak, dan masih banyak lagi. Bukan hanya sekadar pusat perbelanjaan ya, Paris Van Java memang destinasi liburan keluarga paket lengkap.

3. Kota Mini Lembang

Kota Mini Lembang Bandung
Kota Mini Lembang Bandung (foto via travelspromo.com)

Jika Anda sedang berada di Bandung, wajib rasanya mampir ke Kota Mini Lembang. Destinasi wisata ini merupakan bagian dari objek wisata Floating Market Lembang. Sesampainya di Kota Mini Lembang, seolah berada di mesin waktu.

Sebab, Kota Mini Lembang mengusung desain arsitektural bangunan khas Eropa klasik. Selain bangunannya yang menarik, tempat ini juga sangat cocok untuk jadi wisata edukasi anak.

Sebab, selama di sini, Anda akan menemukan orang-orang dengan ragam kostum profesi, seperti dokter, polisi, guru, dan masih banyak lagi!

4. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang
Farmhouse Lembang (foto via alampriangan.com)

Tidak perlu jauh-jauh ke Eropa, #DiIndonesiaAja ada sebuah destinasi yang dirancang dengan nuansa Eropa yang kental. Destinasi tersebut bernama Farmhouse Lembang. Tempat wisata yang dibuka pada tahun 2015 ini memiliki banyak sekali spot unik untuk berfoto.

Ada Rumah Hobbit, ada bangunan dengan arsitektur Eropa lengkap dengan kostum bernuansa Eropa, ada taman bunga, dan masih banyak lagi! Lokasi Farmhouse Lembang juga sangat strategis dan mudah ditemukan, karena berada di pinggir Jalan Raya Bandung – Lembang.

Bagi kalian yang ingin menikmati atmosfer pedesaan, pertanian, peternakan, dan agrikultur dalam satu kawasan, maka datang saja ke Farmhouse Lembang. Di sini ada Rumah Hobbit dan rumah-rumah ala Eropa untuk foto-foto selfie sepuasnya. Ada pula penyewaan baju biar foto makin gaya!

Tiket masuk Farmhouse di Bandung ini hanya Rp 25 ribu (harga bisa berubah). Dengan harga tiket itu, traveler otomatis mendapatkan susu sapi segar.

5. The Great Asia Africa

Masih di Lembang, ada lagi spot yang sedang populer di kalangan wisatawan, yakni The Great Asia Africa. Daya tarik dari spot ini adalah keberadaan bangunan ikonik dari 7 negara di benua Asia dan Afrika, di antaranya Indonesia, Thailand, Jepang, Korea Selatan, India, Timur Tengah, dan negara di Afrika.

Nah, bangunan-bangunan itu cocok banget menjadi latar belakang foto yang instagramable, Sobat Pesona. Selain bisa puas berfoto, Anda juga bisa menyantap kuliner khas dari masing-masing negara.

The Great Asia Africa menyediakan spot berupa Kampung Korea. Di sini kalian bisa berfoto-foto selfie. Kampung ini adalah kampung pertama yang akan kalian lewati setelah bayar tiket.

Terdapat hiasan dan ornamen khas Korea. Misalnya bendera, pernak-pernik, dan juga bangunan rumah yang khas Korea. Di sini kalian bisa menyewa baju tradisional Korea dengan harga Rp 50 ribu per jam.

Di kampung Korea ini ada ruangan seperti dapur yang menyuguhkan banyak dami makanan khas Korea. Ingat ya, ini hanya dami, bukan makanan asli. Di sini juga tempat menjual makanan beneran khas Korea.

6. Dago Dream Park

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Sebab, tempatnya sangat luas dengan fasilitas dan spot berfoto yang sangat lengkap. Tak melulu berfoto, ada banyak wahana seru hingga yang menantang yang dapat dicoba di Dago Dream Park, termasuk wahana khusus untuk anak.

Anda juga bisa menikmati pemandangan dengan menyewa perahu kecil untuk 2-3 orang. Jangan lupa juga berkunjung ke Kampung Dayang Sumbi yang sangat asri, hijau, sejuk, dan klasik.

7. D’Dieuland

D'Dieuland
D’Dieuland (foto via travelspromo.com)

Destinasi yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang berwisata ke Bandung dengan tujuan mencari suasana alam yang tenang dan sejuk. Pasalnya, selama berada di sini, Anda akan disuguhi panorama lembah dan pegunungan yang menyejukkan mata.

Anda juga bisa menyusuri skywalk yang tingginya sekitar 10 meter di atas permukaan tanah. Setelah berjalan-jalan, Anda bisa melanjutkan momen santai sambil menyantap makanan di resto yang mirip seperti kastil ala Disneyland.

Di sini, Anda juga bisa mencoba permainan yang benar-benar menantang adrenalin? Ada baiknya Anda mencoba wahana permainan Gyroscope Flywheel. Gryroscope Flywheel merupakan sebuah alat pendeteksi gerakan yang bertumpu pada gravitasi. Bentuknya lingkaran dengan dua kursi bersebrangan di dalamnya.

Permainan ini akan membawa Anda berputar-putar sekuat dan selama mungkin mencapai 180 derajat. Meskipun permainan ini diam di tempat, namun ketegangannya nggak kalah dengan roller coaster. Makanya, kalau penakut mending jangan coba-coba deh!

Jangan khawatir dengan keamanan, karena ada petugas yang menjaga dan wahana ini dilengkapi pula dengan peralatan standar keselamatan seperti helm dan sabuk pengaman.
Jadi, siap untuk diputar-diputar?

D’Dieuland berada di Kawasan Wisata Punclut, Jl. Pagermaneuh, Kawasan Wiasata Punclut, Dago Bandung, dengan jam operasional 09.00 -22.00, dan tiket masuk Rp10.000 (Hari Biasa), Rp15.000 (Weekend)

8. Museum Geologi

Tak terlalu tertarik dengan wisata alam? Anda bisa datang ke Museum Geologi Bandung. Museum ini adalah salah satu monumen bersejarah yang menyimpan banyak sekali koleksi berharga dan langka, antara lain batuan, mineral, bahkan fosil.

Semua koleksi di museum ini sudah dikumpulkan sejak tahun 1850. Saat masuk ke museum ini, akan ada beberapa ruang pameran yang terletak di lantai 1 dan lantai 2.

9. De’ Ranch

Pernah mendengar mengenai De’ Ranch? Tempat wisata di Bandung ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Kegiatan utama yang bisa dilakukan di spot ini adalah menunggang kuda. Anda juga bisa menggunakan kostum koboi yang sudah disediakan sehingga foto yang dihasilkan lebih keren nih.

Tak terbatas pada wisata menunggang kuda, De’ Ranch juga sudah menambah berbagai wahana permainan lainnya, salah satunya adalah permainan air.

Destinasi wisata yang satu ini sudah cukup populer di kalangan wisatawan. De’Ranch, menawarkan sebuah tempat wisata bernuansa peternakan ala Eropa. Di sini kamu akan diajak liburan ala-ala koboi, tapi tenang meski tema utamana adalah koboi.

Tidak ada unsur kekerasan sama sekali kok. Malah di sini kamu akan menemukan banyak kegiatan asyik seperti menunggang kuda, berfoto dengan kostum koboi, belanja, makan enak, dan masih banyak lainnya.

10. Trans Studio

Inilah tempat wisata di Bandung yang tak hanya populer di kalangan wisatawan lokal, tapi juga mancanegara. Ada banyak sekali wahana permainan yang bisa Anda coba saat di sini. Pokoknya, cocok sekali deh buat Sobat Pesona yang gemar uji adrenalin!

Taman bermain dengan luas sekitar 4,2 hektar ini memiliki banyak sekali fasilitas, mulai dari pusat rekreasi indoor berkelas internasional, pusat perbelanjaan yang nyaman, hingga hotel yang mewah. Setelah puas menikmati berbagai wahana, Anda bisa mencicipi kuliner khas kaki lima Bandung yang sangat legendaris.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top